Recent Articles

web counter

Selasa, 18 Mei 2010

Musibah Tambang di Aceh Selatan, 2 Tewas 3 Terkubur Hidup-hidup

Musibah Tambang di Aceh Selatan, 2 Tewas 3 Terkubur Hidup-hidup Cetak Email
Tapaktuan, (Analisa).

 Sejumlah penambang emas tradisional bergotong royong mencari rekannya yang tertimbun longsor di gunung Panton Luas Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan, Senin (17/5).

Penambangan emas tradisional di Panton Luas Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan, Senin (17/5) dilaporkan menelan korban jiwa.Dua penambang ditemukan tewas dan tiga lainnya diperkirakan terkubur hidup-hidup pada penggalian lubang sedalam 12 sampai 20 meter yang longsor. Kejadian berlangsung sekitar pukul 13.00 WIB saat para penambang sedang bekerja keras mengeruk material tanah dan batu gunung yang diduga mengandung emas.


Penambang yang tewas diketahui bernama Efi (18) penduduk Desa Trieng Meiduro Baroh Kecamatan Sawang, jenazahnya sudah dibawa pulang keluarga untuk dikebumikan.  Sementara seorang lagi yang dipastikan tewas bernama Mansyur (24) warga Desa Lhok Pawoh Kecamatan Sawang, sampai kemarin malam belum dapat dievakuasi dari lokasi kejadian.

Tiga korban yang diperkirakan terkubur hidup-hidup adalah Syarkawi, Kafrawi dan Zubir warga Desa Sawang Kuala Kecamatan Sawang. Ketiganya sampai berita ini diturunkan masih dalam pencarian.

Untuk memastikan jumlah korban, Muspika Sawang masih terus mendata identitas para penambang yang selama ini aktif melakukan penggalian di lokasi kejadian.
Atas nama Pemkab Aceh Selatan, Ketua DPRK Tgk Safiron meminta agar masyarakat menghentikan penambangan untuk menghindari semakin banyaknya korban yang berjatuhan.

Safiron yang didampingi Ketua Komisi C Azmir SH kepada Analisa di lokasi kejadian mengungkapkan keprihatinannya atas terjadinya musibah ini, seraya berharap korban yang terkubur bisa diselamatkan. (m)

Sumber : http://www.analisadaily.com/index.php?option=com_content&view=article&id=55274:musibah-tambang-di-aceh-selatan-2-tewas-3-terkubur-hidup-hidup&catid=3:nasional&Itemid=128

0 komentar:

Posting Komentar