Recent Articles

web counter

Selasa, 03 Agustus 2010

Di Abdya, Tiga Kakak-beradik Didera Penyakit Kusta

Tue, Aug 3rd 2010, 10:38

Di Abdya, Tiga Kakak-beradik Didera Penyakit Kusta


Muhibbuddin (45), bersama dua adiknya, masing-masing Lisma (38) dan Nurbaiti (35), warga Desa Pante Geulumpang, Kecamatan Tangan-tangan, Kabupaten Aceh Barat Daya, (Abdya), sudah berpuluh tahun menderita penyakit kusta. Namun, hingga kini adik kakak yang berasal dari keluarga miskin ini belum juga memperoleh bantuan dari Pemkab setempat. Foto direkam, Minggu (1/8). SERAMBI/ TAUFIK ZAS

BLANGPIDIE - Tiga kakak beradik di Desa Pante Geulumpang, Kecamatan Tangan-tangan, Kabupaten Aceh Barat Daya, (Abdya), dikabarkan sudah berpuluh tahun didera penyakit kusta. Namun, hingga kini keluarga penderita penyakit kusta tersebut belum juga memperoleh bantuan dan perhatian dari Pemkab Abdya.

“Kami sudah datang langsung ke rumahnya dan melihat langsung kondisi mereka, dalam satu keluarga itu semuanya menderita penyakit kusta. Namun yang anehnya hingga kini mereka belum juga ada pihak yang mau menangani biaya pengobatan untuk keluarga miskin itu. Mereka hanya bisa pasra dengan keadaan,” kata Ketua Umum Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Ansor (PC GP-Ansor) Abdya, Tgk Ismail kepada Serambi, Senin (2/7).

Tgk Ismail yang berkunjung ke rumah penderita kusta bersama Ketua I, GP-Ansor Abdya, Tgk Adi, Kepala Puskesmas Tangan-tanga Fauzan Arif SKM, Geuchik Gampong Pante Geulumpang Ismail Abbas, ketua Pemuda Desa Pante Geulumpang Marhaban dan tuha Peut setempat Balian itu, melalui Serambi berharap kepada dinas terkait untuk segera menindak lanjuti persoalan tersebut. Sebab kondisi keluarga dimaksud sudah sangat memprihatinkan.

“Menurut keterangan Muhibbuddin (45), pada tahun 2004 lalu dia pernah ke Pemprov Aceh untuk meminta bantuan biaya pengobatan pada Gubernur Abdullah Puteh, namun tak ada tanggapan,”katanya.

Ketiga kakak beradik itu yang didera penyakit kusta itu masing-masing, Muhibbuddin (45) Lisma (38) dan Nurbaiti (35), sampai saat ini mereka hanya bisa mengurung diri dalam rumah karena tidak ada biaya untuk berobat dan merasa minder berbaur dengan masyarakat sekitar karena penyakit yang dideranya itu.(tz)

Sumber : http://www.serambinews.com/news/view/36380/di-abdya-tiga-kakak-beradik-didera-penyakit-kusta

0 komentar:

Posting Komentar